LATAR BELAKANG
Salah satu usaha yang dapat dilakukan perguruan tinggi untuk mengevaluasi proses pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi adalah dengan menyelenggarakan Tracer Study dan Survei Pengguna. Tracer Study dan Survei Pengguna merupakan metode penting di dalam memperoleh umpan balik (feedback) dari lulusan dan pengguna terkait keberhasilan pendidikan tinggi baik pendidikan kurikuler maupun non-kurikuler, dan relevansi antara dunia perguruan tinggi dan dunia kerja.

Tracer Study juga menyajikan informasi yang mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Bagi perguruan tinggi, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia usaha dan industri (DUDI) dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. Selain itu Tracer Study dan User Survey sangat diperlukan dalam proses akreditasi perguruan tinggi. Tanpa konsep, perencanaan, dan implementasi yang baik maka akan sulit diperoleh data atau informasi yang sangat diperlukan tersebut.

Oleh karena itu, ITB Career Center bekerja sama dengan Indonesia Career Center Network (ICCN) meluncurkan program Career Center Officer Program 2.0 (CCOP 2.0) untuk memfasilitasi program pelatihan Tracer Study dan User Survey bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu, ITB Career Center juga memberikan pelatihan open source pemakaian sistem IT tracer.id untuk implementasi Tracer Study secara online di Indonesia.

TUJUAN
  • Memahami, merencanakan dan mengimplementasikan Tracer Study dan User Survey dengan sistem yang baik, melembaga dan berkelanjutan
  • Mampu mencari berbagai kemungkinan untuk meningkatkan jumlah response rate
  • Mempelajari best practice pelaksanaan Tracer Study (response rate ITB >90%, response rate ITS >80%) dan User Survey dari ITB
  • Merancang sistem kuesioner Tracer Study untuk Bidikmisi, pelaksanaan, analisis, dan mempelajari best practice dari ITB
  • Mampu menggunakan sistem open source IT tracer.id untuk pelaksanaan Tracer Study secara online di masing-masing perguruan tinggi
 
SIAPA YANG PERLU IKUT?
  • Pimpinan perguruan tinggi yang memerlukan pemahaman lebih mendalam terkait Tracer Study dan User Survey termasuk Tracer Study Bidikmisi
  • Kepala, staf atau pengelola pusat karir yang menangani pelaksanaan Tracer Study dan User Survey
  • Staf akademik, peneliti atau Tendik (Tenaga Kependidikan) yang diberi tugas untuk menangani pelaksanaan Tracer Study dan User Survey
  • Masyarakat umum yang ingin memahami lebih mendalam terkait Tracer Study dan User Survey
Durasi
Durasi 3 hari (24 jam) dengan 11 materi 2 pelatihan (workshop). Peserta akan mendapatkan Certificate of Attendance.

MATERI 1
Pengantar Tracer Study dan Problematikanya
-Memahami istilah, definisi dan konsep dasar Tracer Study
-Memahami tujuan dan manfaat Tracer Study
-Memahami berbagai kondisi keragaman persoalan/problematika Tracer Study di Indonesia dan Luar Negeri
 
MATERI 2     
Perangkat-perangkat dasar (instrumen) Tracer Study
-Memahami persyaratan dasar penyelenggaraan Tracer Study yang baik dan benar
-Memahami Kelembagaan penyelenggara Tracer Study di Indonesia dan Luar Negeri
-Memahami instrumen core kuisioner dalam Tracer Study dan membedakannya dengan beragam instrumen evaluasi pendidikan/pembelajaran
           
MATERI 3
Metodologi dan Pendekatan Tracer Study
-Memahami metodologi penyelenggaraan Tracer Study : Metode Pengambilan data dan analisisnya (Data Collecting dan Data Mining)
-Memahami berbagai pendekatan dalam data collecting: Entry Cohort dan Exit Cohort sebagai target responden
-Memahami dan mengerti pentingnya membangun database
-Metode sensus atau sampling
-Memahami metodologi, ragam pendekatan dan implementasinya
-Memahami dan mengerti single cohort dan multi cohort
           
MATERI 4
How to Increase Response Rate
-Apa itu Response Rate, Nett Response Rate, dan Gross Response Rate
-Memahami pentingnya Response Rate di dalam Tracer Study dengan metodologi sensus, mengapa menjadi isu utama dalam Tracer Study
- Konsep strategi teknik dan implementasi bagaimana meningkatkan Response Rate dengan menyesuaikan kondisi PT di Indonesia
- Best Practice meningkatkan Response Rate Tracer Study (response rate ITB dalam 4 tahun terakhir >90%, response rate ITS > 80%) dan User Survey dari ITB
- Inovasi dan implementasi penyelenggaraan Tracer Study di ITB
- Surveyor : siapa dan mengapa
- Kombinasi pendekatan formal dan informal, struktural dan kultural
- Metode insider dalam riset
- Sistem IT : Membangun sistem IT secara mandiri
- Sistem Reward : Memahami karakter dan budaya responden
- Publikasi : Pentingnya publikasi dalam membangun trust dengan stakeholder
           
MATERI 5
Kaitan Tracer Study dan User Survey dengan Akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi
- Memahami sistem dan borang akreditasi prodi dan institusi (perguruan tinggi) di Indonesia
- Memahami data-data yang diperlukan Tracer Study dalam pengisian akreditasi
- Teknik dan contoh pengisian borang akreditasi prodi dan institusi (perguruan tinggi)
- Memahami data yang diperlukan untuk akreditasi internasional (ABET, KAAB, ASIIN, RSC)
 
FGD   
Closing Remarks
Menuju Penyelenggaraan Terbaik dalam Pelaksanaan Tracer Study
-Memahami budaya dan tradisi masyarakat di Indonesia
-Memahami karakter alumni perguruan tinggi di Indonesia
-Potensi Indonesia menjadi yang terbaik dalam penyelenggaraan Tracer Study di dunia
           
MATERI 6
Tracer Study untuk Penerima BIDIKMISI
- Memahami perlu dan pentingnya Tracer Study untuk para alumni penerima Bidikmisi
- Merancang perangkat kuesioner untuk penerima Bidikmisi
- Inovasi dan implementasi Tracer Study Bidikmisi
- Best Practice pelaksanaan dan hasil Tracer Study Bidikmisi di ITB
 
MATERI 7
Pengantar User Survey dan problematikanya
- Konsep dasar User Survey (survey pengguna)
- Memahami responden dalam User Survey
- Memahami tujuan dan manfaat User Survey
- Problematika pelaksanaan User Survey di Indonesia
 
MATERI 8
Metode dan Instrumen User Survey
- Memahami core kuesioner User Survey
- Metode offline dan online, kelebihan dan kekurangannya dalam User Survey
- Surat institusi kepada responden/user
- Sistem IT dalam User Survey
           
MATERI 9
Inovasi dan implementasi User Survey di ITB
- Perkembangan pelaksanaan User Survey di ITB
- Inovasi dalam metode dan pendekatan terbaru di ITB
- Mengintegrasikan database Tracer Study dan User Survey
- Metode komunikasi dengan user
           
FGD
Closing Remarks
Menuju Keselarasan Dunia Pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)
-Mengindentifikasi GAP dan Mismatch antara Dunia Pendidikan dan Dunia Industri melalui riset
-Menggali gagasan keselarasan kebutuhan Industri dengan Pendidikan (hardskills, softskills, internal/eksternal)
-Memahami DUDI di Era Industri 4.0
-Membangun kerjasama DUDI sebagai mitra pendidikan
 
MATERI 10
Pelatihan Sistem Tracer.id
- Memahami apa itu Tracer.id
- Mengetahui kelebihan sistem IT tracer.id
- Memahami cara instalasi sistem versi terbaru
- Memahami fungsi, fitur, dan penggunaan aplikasi
- Memahami cara input database
           
MATERI 11
Pelatihan manajemen kuesioner, sorting data dan pengolahan data
- Memahami cara membuat, mengubah, mengganti kuesioner baru
- Memahami manajemen dan fitur kuesioner dalam sistem online
- Memahami cara sorting dan ekspor data hasil pengisian
 
RANGKAIAN ACARA
 
Rabu, 26 Juni 2019
WORKSHOP SISTEM IT TRACER STUDY & USER SURVEY
Tempat: Multipurpose Hall Gd. CRCS Lt 3, Kampus ITB
07:30–08:00    Registrasi
08:00–12:00 Pelatihan Sistem Tracer.id
12:00–13:00 ISHOMA
13:00–16:30 Pelatihan Manajemen Kuesioner dan Sorting Data Menggunakan Sistem Tracer.id
16:30–16:35 Penutup
 
Kamis, 27 Juni 2019
SEMINAR TRACER STUDY
Tempat: Aula Timur, Kampus ITB
07:30–08:00    Registrasi
08:00–08:05 Pembukaan Acara
08:05–08:10 Sambutan Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB oleh Dr. Eng. Sandro Mihradi
08:10–08:20 Sambutan Wakil Rektor ITB oleh Prof. Ir. Bermawi Iskandar, M.Sc, Ph.D
08:20–08:40 Keynote Speaker oleh Dirjen Belmawa* Prof. Dr. Ismunandar
08:40–08:55 Coffee Break
08:55–11:30 Pengantar Tracer Study, Problematika, dan Perangkat-perangkat/Instrumennya oleh Dr.Eng. Bambang Setia Budi, ST., MT
11:30–12:30 ISHOMA
12:30–14:30 How to Increase Response Rate? (Bagian 1) oleh Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST., MT
14:30–14:45 Coffee Break
14:45–16:15 How to Increase Response Rate? (Bagian 2: best practice di ITB dan ITS) oleh Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST., MT, dan Dr. Widyastuti S.Si.,M.Si
16:15–16:45 FGD
16:45–16:55 Closing Remarks: Menuju Penyelenggaraan Terbaik dalam Pelaksanaan Tracer Study oleh Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST., MT
16:55–17:00 Penutup

Jumat, 28 Juni 2019
SEMINAR USER SURVEY
Tempat: Aula Timur, Kampus ITB
07:30–08:00    Registrasi
08:00–10:00 Pengantar User Survey dan Problematikanya oleh Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST., MT
10:00–10:15 Coffee Break
10:15–11:15 Metode dan Instrumen User Survey oleh Dr. Eng. Hanson E. Kusuma ST., M.Eng
11:15–13:15 Ishoma
13:15–14:30 Inovasi dan Implementasi User Survey di ITB oleh Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST., MT dan Dr. Utriweni Mukhaiyar S.Si., M.Si.
14:30–15:30 Tracer Study untuk Penerima bidikmisi oleh Dr. Eng. Sandro Mihradi
15:30–16:30 Kaitan Tracer Study dan User Survey dengan Akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi oleh Dr. Pepen Arifin dan Prof. Dr. Ir. Nuni Gofar, M.S.
16:30–16:45 FGD
16:45–17:00 Closing Remarks: Menuju Keselarasan Dunia Pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri oleh Dr. Eng. Bambang Setia Budi
17:00–17:15 Penutup + Foto bersama
 
*Dalam konfirmasi
**Peserta pelatihan wajib membawa laptop masing-masing
 
REGISTRASI

Biaya keikutsertaan tediri dari :
a. Umum : Rp 1.600.000/orang
b. Anggota ICCN : Rp 1.300.000/orang
On the spot : Rp 1.800.000/orang (umum dan anggota ICCN)
Gratis untuk dosen ITB dan civitas akademika ITB

Biaya registrasi termasuk :
  • 6x Coffee Break dan 3x Makan Siang
  • Seminar KIT dan Pelatihan
  • Buku Report Tracer Study ITB 2018, buku Report User Survey ITB 2018, dan Buku Report Tracer Study Bidikmisi ITB Angkatan 2011
  • Sertifikat
Kegiatan ini terbuka bagi seluruh sivitas akademika perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Jumlah keikutsertaan tidak dibatasi dari setiap perguruan tinggi.

Untuk pendaftaran, silahkan mengisi formulir keikutsertaan yang disediakan beserta bukti pembayaran dan mengirimkannya kembali via email :

tracer@pusat.itb.ac.id
atau
fax +62-22-2509177

Pendaftaran Online:
bit.ly/RegCCOPITB-2019

Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau transfer ke :
Bank Mandiri Cabang ITB
No. Rekening: 1300020004324
Atas Nama : INDONESIA CAREER CENTER NETWORK

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi :
tracer.itb.ac.id/id/agenda

atau

Divisi Riset ITB Career Center
Gedung Campus Center Barat
Ruang 18 Lantai Dasar
JL. Ganesha 10 Bandung, 40132

Telp: 022-2530714 / Fax: 022-2509177
Email: sekreiccn@gmail.com

Contact Person
Syifa 08522300322 | Andi 081221342886

Unduh Poster: