Artikel

Oleh Anies S. Nisa
Tracer Study ITB

Rilis :

Tanggal: 05-05-2017

Sistem penjurusan di ITB unik jika dibandingkan jurusan lain karena menganut sistem fakultas sebelum masuk ke jurusan. Pada saat ujian masuk, calon mahasiswa diminta memilih fakultas yang diinginkan. Setiap fakultas terdiri dari beberapa program studi yang bidangnya berkaitan satu sama lain. Di akhir masa tingkat studi pertama, mahasiswa diminta untuk memilih jurusan dalam fakultas tersebut. Karena keterbatasan kuota jurusan, maka pada umumnya tidak semua mahasiswa dapat memasuki jurusan pilihan pertamanya sehingga terlempar ke jurusan lain. Hal ini dapat menimbulkan kekecewaan pada mahasiswa dan dapat berimbas pada penurunan semangat belajar dan prestasi. Studi ini mempelajari hubungan antara kesesuaian pilihan jurusan dengan prestasi belajar mahasiswa. Pada studi ini, dilakukan analisis menggunakan data yang dimiliki Tracer Study ITB dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kesesuaian pilihan jurusan dengan prestasi belajar. Mahasiswa yang tidak masuk ke jurusan pilihan pertamanya cenderung memiliki IP yang lebih rendah dibandingkan mahasiswa yang masuk ke jurusan pilihan pertamanya. Namun agar lebih valid, dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan analisis yang lebih dalam serta jumlah sampel yang lebih banyak.
 
Kata kunci: kesesuaian pilihan jurusan, fakultas, jurusan, prestasi belajar

Oleh Indah Gumala Andirasdini
Tracer Study ITB

Rilis :

Tanggal: -

Ide-ide kreatif dari seorang wirausaha muncul sebagai konsep dasar untuk mengembangkan suatu produk yang dihasilkan. Tentu hal ini didukung oleh pergantian teknologi yang semakin berkembang. Munculnya berbagai bidang dan sub-bidang usaha yang digeluti oleh seorang wirausaha tak terlepas dari faktor keterampilan dan minat yang tinggi. Penempatan minat dan bakat yang sesuai bidang tertentu akan mempengaruhi proses keberjalanan baik dari segi tugas, produk yang dihasilkan maupun pemasaran dalam berwirausaha.

Tracer study ITB 2016 kali ini mencoba menggali lebih dalam bidang dan sub-bidang usaha apa saja yang dikembangkan oleh wirausahawan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) angkatan 2009. Dari Bidang dan sub-bidang usaha yang terkait akan dilihat gambaran umum tugas utama dari seorang alumni FSRD angkatan 2009 yang berwirausaha. Dari rekam jejaknya, 70% alumni FSRD angkatan 2009 sudah memiliki pekerjaan, dan 28% diantaranya bekerja sebagai wirausaha.

Oleh Lisna Sari
Magang Tracer Study ITB

Rilis :

Tanggal: -

Selalu menyenangkan untuk bisa melakukan sesuatu hal yang baru. Mulai dari belajar ilmu baru, bertemu dengan teman baru sampai akhirnya dapat terus berusaha melakukan yang terbaik di lingkungan baru dengan harapan memiliki pengalaman baru  yang lebih baik pula. Berbagai hal baru inilah kemudian yang saya rasakan ketika saya diberi kesempatan untuk mengikuti Program Magang Tracer Study ITB periode April - Juni 2017. Program Magang Tracer Study ITB merupakan program magang yang diadakan oleh ITB Career Center yang ditujukan bagi mahasiswa S1 dan S2 atau Staff Pengajar dan yang mempunyai tanggung jawab dalam hal analisis data, sorting data, pembuatan laporan dan artikel terkait Tracer Study ITB. Tujuan saya mengikuti program ini adalah ingin belajar bagaimana manajemen Tracer Study di ITB yang nantinya akan saya implementasikan di tempat kerja saya saat ini di Universitas Lampung. Selain itu, saya ingin berupaya membantu ITB Career Center mensukseskan Tracer Study ITB 2017 dan mendekatkan hubungan antara CCED Unila dengan ITB Career Center.

Oleh Amalia Nur Alifah
Tracer Study ITB

Rilis :

Tanggal: -

Pentingnya Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja Menurut Alumni Fakultas Seni Rupa dan Budaya Angkatan 2009
Institut Teknologi Bandung

Oleh Amalia Nur Alifah, Indah Gumala Andirasdini
Tracer Study ITB

Rilis :

Tanggal: -

Nama Kegiatan:  Seminar Tracer Study ITB 2017
Hari/Tanggal:  Senin/10 April 2017
Waktu:  08.00 – 16.30
Tempat:  Aula Timur ITB
Pembicara:  1. Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T.,M.T (Kepala ITB Career Center)
 2. Dr. Udjiana S. Pasaribu (Ketua Kelompok Keahlian Statistika Matematika ITB)
 3. Dr. Eng. Hanson E. Kusuma, S.T.,M.Eng. (Dosen Riset Kuantitatif)