Institut Teknologi Bandung, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia mampu meningkatkan jumlah alumninya yang berwirausaha dari tahun ke tahun. Hal ini menjadi awal yang baik mengingat adanya tujuan yang dicanangkan oleh Rektor ITB ketika diangkat menjadi rektor pada tahun 2014, yaitu menjadikan ITB sebagai Entrepreneurial University.

Gambar 1. Statistik alumni ITB (berdasarkan angkatan) yang berprofesi sebagai wirausaha
Sumber : Report Tracer Study ITB 2016
 
Dewasa ini, menjadi seorang wirausaha merupakan suatu peluang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Peluang usaha yang menjanjikan, muncul sebagai mindset dan motivasi bagi semua kalangan. Mahasiswa, dokter,PNS, bahkan ibu rumah tangga pun bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Ide-ide kreatif dari seorang wirausaha muncul sebagai konsep dasar untuk mengembangkan suatu produk yang dihasilkan. Tentu hal ini didukung oleh pergantian teknologi yang semakin berkembang. Munculnya berbagai bidang dan sub-bidang usaha yang digeluti oleh seorang wirausaha tak terlepas dari faktor keterampilan dan minat yang tinggi. Penempatan minat dan bakat yang sesuai bidang tertentu akan mempengaruhi proses keberjalanan baik dari segi tugas, produk yang dihasilkan maupun pemasaran dalam berwirausaha.

Tracer study ITB 2016 kali ini mencoba menggali lebih dalam bidang dan sub-bidang usaha apa saja yang dikembangkan oleh wirausahawan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) angkatan 2009. Dari Bidang dan sub-bidang usaha yang terkait akan dilihat gambaran umum tugas utama dari seorang alumni FSRD angkatan 2009 yang berwirausaha. Dari rekam jejaknya, 70% alumni FSRD angkatan 2009 sudah memiliki pekerjaan, dan 28% diantaranya bekerja sebagai wirausaha.

Gambar 2. Persentase alumni FSRD 2009  yang berwirausaha (N=130)

Untuk 21 bidang usaha yang ditanyakan kepada alumni, alumni FSRD angkatan 2009 yang berprofesi sebagai wirausaha memiliki 9 macam bidang usaha yang telah dijalankan. Diantaranya adalah bidang Pertanian, perikanan, dan kehutanan (A), Industri Pengolahan (C), Konstruksi dan Pembangunan (F), Perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor (G), Penyediaan akomodasi dan penyediaan makanan dan minuman (I), Informasi dan Komunikasi (J), Jasa profesional, ilmiah, dan teknis (M), Kesenian, hiburan, dan rekreasi (R) serta Kegiatan jasa lainnya (S).

Gambar 3. Bidang usaha alumni (N=36)
Merinci lebih dalam dari bidang usaha, adapun beberapa sub-bidang usaha yang dikembangkan oleh alumni FSRD angkatan 2009 diantaranya adalah
A1 perburuan dan kegiatan yang berhubungan dengan itu
C6 Industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki
F2 Konstruksi bangunan sipil
F3 Konstruksi Khusus
G2 Perdagangan besar, bukan mobil dan sepeda motor
G3 Perdagangan eceran, bukan mobil dan sepedamotor
I1 Penyediaan akomodasi
I2 Penyediaan makanan dan minuman
J5 Kegiatan pemrograman, konsultasi komputer dan kegiatan yang berhubungan dengan itu
M5 Jasa arsitektur dan teknik sipil;analis dan uji teknis (M3), Periklanan dan penelitian pasar
R1 Kegiatan hiburan, kesenian dan kreativitas
S3 Jasa perorangan lainnya
 
 
Gambar 4. Sub-bidang usaha alumni (N=34)