Amalia Nur Alifah, Indah Gumala Andirasdini

Bandung, ITB Tracer Study Serangkaian acara Seminar dan Pelatihan Tracer Study ITB 2017 telah sukses diselenggarakan dari hari Senin, 10 April 2017 hingga Selasa, 11 April 2017. Acara yang ke-empat kalinya ini tidak hanya sekedar sharing mengenai hasil pelaksanaan Tracer Study ITB 2016. Namun, acara ini mampu menjadi ajang pertemuan antara ITB dengan seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk berbagi pengetahuan terkait Tracer Study secara umum dan khususnya pemamparan terkait inovasi dan implementasi Tracer Study yang telah dilaksanakan oleh ITB.

Pada hari pertama, acara dilaksanakan di Gedung Aula Timur ITB dari pukul 08.00 hingga 17.00 dan dihadiri oleh hampir 200 peserta dari dalam ITB maupun luar ITB. Peserta dari luar ITB berasal dari beberapa Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Direktur Kemahasiswaan Dirjen Belmawa DIKTI, Dr. Didin Wahidin dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Lembaga Kemahasiswaan ITB, Dr. Eng. Sandro Mihradi.

Acara seminar di hari pertama dibagi menjadi 3 sesi seminar. Pada sesi pertama,  diisi oleh Kepala ITB Career Center, Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T. yang membahas pemaparan hasil analisis pelaksanaan Tracer Study ITB 2017 serta oleh Ketua Kelompok Keahlian Statistika Matematika ITB, Dr. Udjianna S. Pasaribu  yang membahas analisis hasil Tracer Study ITB 2016 lulusan berprofesi wirausaha. Pada sesi  kedua, seminar dilanjutkan dengan pemaparan User Survey ITB 2016 oleh Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T. dan Dosen Riset Kuantitatif dan Co-Researcher ITB Tracer Study, Dr. Eng. Hanson E. Kusuma, S.T., M.Eng.

Diselingi istirahat selama satu jam, seminar dilanjutkan dengan sesi ketiga yang membahas mengenai inovasi dan implementasi Tracer Study ITB oleh Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T. Antusias yang sangat tinggi ditunjukkan oleh para peserta seminar pada hari pertama dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Tidak hanya itu, diskusi selama seminar juga berjalan dengan sangat hidup.

Pada hari kedua, acara berupa pelatihan open source Tracer.id dilaksanakan di Gedung CAS ITB lantai 5. Tingginya minat peserta untuk hadir serta keinginan untuk belajar menyebabkan peserta melebihi kapasitas ruangan. Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 85-an peserta ini dimulai dari pukul 10.00  hingga pukul 13.30. Tidak hanya dari Perguruan Tinggi diluar ITB, utusan dari dalam ITB seperti staff akademik maupun dosen pun ikut hadir dan mendengarkan dengan seksama terkait keberjalanan dari pelatihan yang diberikan. Pelatihan ini dapat dikatakan sukses dan berjalan dengan lancar. Acara pelatihan ini mampu menambah wawasan peserta terkait sistem IT yang dilibatkan dalam Tracer Study baik dalam instalasi software yang diperlukan hingga pemahaman terkait pembuatan kuesioner untuk Tracer Study. ***