Angga Dinan A

Bandung, ITB Tracer Study  ̶  Pada tanggal 10-11 April 2017 Tim Tracer Study ITB kembali akan melaksanakan kegiatan seminar dan pelatihan terkait Tracer Study. Kegiatan ini pada dasarnya merupakan suatu sarana sosialisasi hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Tracer Study ITB. Namun, dengan adanya beberapa masukan dari Perguruan Tinggi lain, maka format pelaksanaan kegiatan ini nantinya akan sedikit berbeda dengan pelaksanaan pada tahun sebelumnya.

Seminar dan pelatihan Tracer Study ITB 2017 dikemas dalam dua rangkaian acara, yaitu seminar Tracer Study pada hari pertama dan pelatihan sistem IT pada hari kedua. Seminar Tracer Study akan diisi dengan nara sumber Dr. Eng. Bambang Setia Budi selaku peneliti utama dalam Tracer Study ITB, Dr. Udjianna S. Pasaribu selaku dosen dan ketua KK Statistika Prodi Matematika ITB serta Dr. Eng. Hanson E. Kesuma selaku dosen arsitektur. Sementara pelatihan sistem IT akan diberikan oleh Tim IT Tracer Study ITB.

Seminar Tracer Study ini sendiri akan mengedepankan tema mengenai inovasi dan implementasi Tracer Study ITB serta publikasi resmi hasil analisis Tracer Study beserta Survey Pengguna. Inovasi dan implementasi Tracer Study ITB akan memberikan informasi secara detail mengenai metodologi Tracer Study (sampling atau sensus), pendekatan (lulusan atau angkatan), response rates (<50% atau >90%), core questionnaire (unitrace, indotrace, atau buat sendiri), surveyor, sistem reward serta tracer.id.

Sementara itu, pelatihan sistem IT yang diberikan akan berupa workshop Open Source tracer.id, yaitu suatu sistem yang resmi digunakan oleh Tim Tracer Study ITB dan dapat digunakan oleh perguruan tinggi lainnya sebagai open source pelaksanaan Tracer Study.

Publik yang berminat untuk mengikuti kegiatan seminar Tracer Study ITB 2017 dan pelatihan sistem open source sistem tracer.id ini dapat melihat info lebih lanjut pada https://tracer.itb.ac.id/id/agenda. Acara ini terbuka bagi umum serta seluruh civitas akademik ITB. Peserta yang mengikuti kegiatan ini akan memperoleh lebih awal masing-masing buku report Tracer Study ITB 2016 serta Survey Pengguna 2016. Bagi peserta ataupun publik yang ingin memperoleh softcopy dari buku report Tracer Study ITB 2016 dan Survey Pengguna 2016 dapat mengakses link berikut ini https://tracer.itb.ac.id/id/report.