Fulca Veda

ITB Career Center, Bogor ─ Divisi Tracer Study ITB, ITB Career Center, Lembaga Kemahasiswaan ITB dirikan booth Divisi Tracer Study – ITB Career Center pada ICCN Summit 2017 yang diadakan selama tiga hari, 12-14 September 2017 di IPB International Convention Center, Bogor. Booth yang menampilkan hasil penelitian Divisi ITB Tracer Study ini ramai dikunjungi peserta dari berbagai pusat karir dan institusi di Indonesia.

Salah satu pengunjung dari UPT.PK2M UHO Kendari, M.Syukur mengatakan bahwa dirinya belum begitu mengenal tracer study dan berharap untuk mengadopsi metode yang sama dalam upaya mendapatkan feedback dari alumninya.

“Dari hasil penelitian Divisi Tracer Study ITB saya baru mengerti bahwa keunikan penelitian Tracer Studynya bisa melampaui response rate hingga 90%, salah satunya berkat adanya surveyor,” ujarnya saat ditemui di sela perhelatan ICCN Summit 2017, IPB International Convention Center pada Selasa (12/9/17).

Hasil-hasil penelitian Divisi Tracer Study ITB ini disajikan dalam berbagai tampilan seperti banner infografis, buku-buku Tracer Study dan User Survey, serta tampilan online (website https://tracer.itb.ac.id/). Peserta yang mendatangi booth bahkan dipersilahkan untuk membawa pulang buku-buku hasil penelitian Tracer Study ITB.

Perhelatan ICCN Summit kedua ini sendiri dihadiri oleh lebih dari 250 peserta dari 128 pusat karir dan institusi di Indonesia. Mengambil tema “Peran ICCN dalam Penguatan Pusat Karir untuk Peningkatan Daya Saing Global SDM Indonesia”, ICCN kali ini juga mendatangkan keynote speaker Hanif Dhakiri selaku Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, serta Ryan Ang Kwok Peow, konsultan karir National University of Singapore Center for Future Ready Graduate. (fv)