Fulca Veda

Bandung, ITB Career Center
— Divisi Tracer Study ITB, ITB Career Center, Lembaga Kemahasiswaan ITB kembali akan menerbitkan buku laporan penelitian Tracer Study ITB tahun 2017. Berbeda dari penyusunan buku laporan tahun sebelumnya, konten yang lebih beragam menjadi daya tarik penerbitan buku Tracer Study ITB tahun ini.

Angga Dinan A., S.Si., M.T., Kepala Divisi Tracer Study ITB mengungkapkan bahwa selain laporan hasil penelusuran alumni ITB angkatan 2010, divisinya juga turut memasukkan artikel serta paper terkait analisis Tracer Study ITB lebih lanjut.

"Proses penelitian Tracer Study ITB untuk penyusunan buku ini sudah dimulai sejak awal tahun lalu. Penulisan buku juga melibatkan asisten penelitian dari mahasiswa magang, terutama untuk produksi paper dan analisis data sehingga lebih banyak konten yang bisa dikembangkan," ujarnya saat ditemui di Kantor ITB Tracer Study, Jumat (22/9).

Divisi Tracer Study ITB juga berencana memasukkan penelitian mengenai Tracer Study dengan objek penerima beasiswa Bidik Misi angkatan 2010 ke dalam buku report tahun ini. "Sejauh ini, belum ada perguruan tinggi yang melakukan penelusuran terhadap alumni penerima beasiswa Bidik Misi. Sebagai masukan dari Kepala Lembaga Kemahasiswaan, Dr. Eng. Sandro Mihradi dan Direktur ITB Career Center, Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T., penelitian ini akan berguna untuk mengetahui perkembangan karir para penerima beasiswa Bidik Misi di ITB yang dimulai sejak tahun 2010," jelasnya.

Angga Dinan A., S.Si.,M.T. menjelaskan lebih lanjut bahwa penelitian Tracer Study ITB 2017 yang akan rampung akhir tahun ini, bukanlah tanpa manfaat. Selain untuk akreditasi, mengingat banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh civitas akademik ITB terkait alumni dari fakultasnya, dirinya berharap penelitian ini akan memberi masukan bagi pengembangan sistem belajar mengajar dan relevansinya dengan dunia usaha tempat bekerjanya para lulusan ITB. (FV)