Fulca Veda

Bandung, ITB Career Center  ̶  Sebanyak 10 makalah disiapkan Divisi Tracer Study ITB, ITB Career Center, Lembaga Kemahasiswaan ITB untuk SUMMIT ICCN 2017 di Institut Pertanian Bogor. Makalah yang dikerjakan sejak bulan Juli ini mengangkat fokus kompetensi alumni ITB dengan kebutuhan industri dan dunia usaha.

Kepala Divisi Tracer Study ITB, Angga Dinan mengungkapkan, setidaknya empat dari sepuluh makalah yang dikirim mengusung tema kewirausahaan. Menurutnya, tema kewirausahaan diangkat oleh Tim Tracer Study ITB dikarenakan adanya rencana strategis Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, untuk mentransformasi ITB dari research university menjadi entrepreneur university.

“Hasil yang kami peroleh dari peta persebaran alumni berdasarkan bidang usahanya menunjukkan 4.38% alumni memilih untuk berwirausaha sesuai jurusannya. Jumlah ini lebih banyak dari target Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, yang mengharapkan pada 2019 ada empat persen lulusan yang menjadi entrepreneur setelah empat tahun lulus,” ujarnya saat ditemui di Ruang Tracer Study ITB, Rabu (6/9/17).

Salah satu asisten peneliti sekaligus peserta magang dari jurusan Matematika ITB 2013, Syifa N., mengatakan bahwa selain tema kewirausahaan, Tim Tracer Study ITB juga menggunakan beragam data dan studi kasus untuk mengetahui potensi alumni ITB di dunia kerja. Syifa menuturkan bahwa dalam penulisan makalah ‘Gap antara Kontribusi ITB terhadap Kompetensi Lulusannya di Dunia Kerja’, ia menggunakan database Tracer Study ITB dari tahun 2014-2016.

Kesepuluh makalah yang dikirim oleh Tim Tracer Study ITB ini akan melalui proses seleksi untuk dipresentasikan dalam format poster dan oral pada Summit ICCN 2017 di Bogor. Kegiatan tahunan ICCN yang kedua ini akan diselenggarakan pada 12 hingga 14 September 2017, dengan mengambil tema "Peran ICCN dalam Penguatan Pusat Karir untuk Peningkatan Daya Saing Global SDM Indonesia." Dengan jumlah anggota yang kian bertambah, diperkirakan ajang pertemuan ini akan dihadiri oleh 600 peserta dari pusat karir perguruan tinggi seluruh Indonesia. (fv)