Fulca Veda

Bandung, ITB Career Center — Divisi Tracer Study ITB Career Center resmi menutup proses pengumpulan database responden dan pengisian kuesioner alumni ITB untuk tracer study pada Senin, 9 Oktober 2017. Pengumpulan database alumni yang dikerjakan sejak bulan Juli tahun ini, menargetkan alumni ITB angkatan 2010 sebagai objek penelitian Tracer Study ITB 2017.

Nurul Apsari Aji, ST, asisten peneliti Tracer Study ITB mengatakan bahwa pengumpulan database bertujuan untuk melakukan update data kontak alumni yang sebelumnya diperoleh dari Direktorat Pendidikan (Dirdik) ITB. "Tracer Study ITB dibantu Tim Surveyor mencoba untuk melengkapi dan memperbaharui data alumni yang diperoleh dari Dirdik ITB, terutama untuk alamat e-mail dan nomer telpon baru, 3 tahun setelah alumni lulus," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa alamat e-mail dan nomer handphone adalah jalan untuk menghubungi responden dalam mengisi kuesioner. Karena tingginya jumlah responden yang harus dikontak, Divisi Tracer Study ITB menggunakan metode surveyor guna menjembatani pendataan alumni antara responden dan Tracer Study ITB. Pihaknya mengatakan bahwa Tim Surveyor sangat membantu proses pendataan karena mampu memanfaatkan koneksi yang sudah ada di setiap angkatan dan jurusan di ITB.

Meski begitu, Nurul Apsari menyatakan bahwa tahun ini ada beberapa kendala dalam proses pengumpulan data. Kurang aktifnya surveyor dan kendala teknis lainnya–seperti server down dan email dengan alamat domain ITB terkategori spam–menjadi masalah tersendiri dalam proses pengumpulan data tracer study ITB.

"Tahun ini kami terkendala sulitnya koordinasi surveyor dari beberapa jurusan, baik dengan Tracer Study ITB maupun dengan respondennya. Ada yang tidak bisa mengakomodir responden dari jurusannya, ada yang tidak mengedukasi responden sebelumnya mengenai tracer study, sehingga beberapa target responden tidak mengisi kuesioner. Keraguan responden atas alamat email yang dianggap spam atau palsu juga menjadi kendala kami selanjutnya. Itulah gunanya surveyor, karena penelusuran data tracer study harus berbasis kepercayaan, jadi bisa dihubungi secara personal oleh surveyor sendiri," tuturnya saat ditemui di Kantor Tracer Study ITB, Senin (9/10).

Meski terkendala berbagai hal, Divisi Tracer Study ITB Career Center mampu menyelesaikan penelusuran data tracer study sesuai target pelaksanaan penelitian. Pencapaian response rate dari data tracer study ITB kali ini diperkirakan mencapai lebih dari 90%. Hasil dan analisis tracer study akan dijelaskan lebih lanjut dalam Buku Report ITB Tracer Study yang akan terbit pada Desember tahun ini. (fv)