Fulca Veda
 
Bandung, ITB Career Center  ̶  Proses penulisan buku laporan Tracer Study ITB 2017 sudah mencapai tahap analisis data. Pada tahap ini, seluruh peneliti dan asisten peneliti Divisi Tracer Study ITB Career Center memfokuskan agenda kerjanya pada pengolahan data, analisis, dan penarikan kesimpulan terhadap data alumni ITB angkatan 2010 yang sudah terkumpul bulan lalu.
 
Dalam penyajian data, Divisi Tracer Study ITB menggunakan analisis statistika. Statistika sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolongkan, menganalisis, dan mencari keterangan dari data berupa angka.

Pada buku Report Tracer Study tahun lalu, Pihak Tracer Study ITB memaparkan bahwa jenis statistika yang sering digunakan dalam pembuatan laporan tracer study di ITB selama ini adalah statistika deskriptif dan statistika inferensi. Statistika deskriptif didefinisikan sebagai statistika yang dalam analisisnya bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang data yang dianalisis. (Tracer Study ITB, 2016) Sedangkan statistika inferensia diartikan sebagai statistika yang berkaitan dengan analisis sampel untuk penarikan kesimpulan mengenai karakteristik populasi.
 
Lebih jauh, Indah Gumala Andirasdini, salah satu asisten peneliti Tracer Study ITBdalam artikel yang ditulis untuk Buku Report Tracer Study ITB 2017, mengatakan bahwa teknik analisis pengolahan data yang dipilih dalam penelitian tracer study ITB akan sangat mempengaruhi gambaran hasil tracer study itu sendiri.
 
"Tracer Study ITB menggunakan beragam teknik analisis guna memberi informasi yang lebih lengkap, salah satunya teknik analisis multivariat untuk pengolahan data tracer study yang tergolong big data," ujarnya.
 
Indah menuturkan bahwa analisis korespondensi–yang tergolong teknik analisis multivariat–misalnya, digunakan sebagai metode dalam penelusuran alumni ITB untuk menggambarkan hubungan antara dua atau lebih kategori yang keluarannya dikemas dalam bentuk grafis.

"Analisis korespondensi dalam tracer study bisa dipakai untuk menampilkan peta korespondensi jenis pekerjaan dengan keaktifan organisasi, melihat pengaruh program studi bagi alumni, dan lain-lain. Di buku Tracer Study ITB 2017 nanti misalnya, kami analisis kebermanfaatan prodi dalam aspek wirausaha terhadap fakultas SITH dan FSRD," jelasnya.

Seperti diberitakan pada laman sebelumnya (link: https://tracer.itb.ac.id/id/berita/2017/09/itb-career-center-akan-terbitkan-buku-report-tracer-study-tahun-ini) Divisi Tracer Study ITB berencana merampungkan buku Report Tracer Study ITB 2017 akhir tahun ini. Selama beberapa tahun, Divisi Tracer Study ITB juga turut bekerjasama dengan Tim KK Statistika Matematika ITB dalam melakukan analisis data hasil Tracer Study ITB untuk memperdalam teknik-teknik analisis dan kualitas data yang disajikannya. (fv)