Fulca Veda

Bandung, ITB Career Center — Dalam acara tahunan ITB Student Entrepreneur Festival 2017 yang digelar pada 25-26 November 2017, Direktur ITB Career Center sekaligus peneliti Tracer Study ITB, Dr.Eng. Bambang Setia Budi, ST., MT memaparkan bahwa sekitar 7% dari total lulusan ITB selama dua tahun terakhir menjadi wirausaha sebagai pilihan karirnya.

Hal ini dibenarkan oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan ITB. Menurutnya, jumlah wirausaha yang dicetak di ITB tersebut turut mendukung agenda strategis Rektor ITB Periode 2014-2019, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, untuk menjadikan ITB sebagai kampus pencetak wirausahawan di Indonesia.

"Pada bidang inovasi dan kewirausahaan di ITB sendiri telah terbina lebih dari 77 startup atau rintisan usaha. Hal ini juga didukung kerjasama ITB dengan berbagai pihak, termasuk para investor, kreditor bank, dan banyak aktor penting lainnya," ujarnya saat memberikan pidato sambutan pada perhelatan ITB Student Entrepreneur Festival, Sabtu (25/11).

Dalam pemaparannya, Ia menegaskan bahwa berkembangnya industri kreatif dan kategori usaha kecil menengah (UKM) yang dirintis mahasiswa/alumni ITB, akan mampu menciptakan lapangan kerja baru di Indonesia.

"Usaha yang dirintis oleh mahasiswa dan alumni ITB bisa dipastikan mampu menciptakan produk usaha dan lapangan kerja lainnya. Karenanya, produk tersebut perlu dipatenkan, supaya kita tahu, paten inovasi kreatifnya berapa, berapa pula besar produk yang bisa dikomersilkan. Lebih dari itu, ITB Student Entrepreneur Festival 2017 ini merupakan salah satu wadah yang memfasilitasi kita untuk bertransformasi dari research university ke entrepreneur university. Jadi setelah inovasinya muncul, kedepannya akan sustain, setelah bisa diproduksi, akan punya nilai tawar secara ekonomis," jelasnya.

Menurutnya ITB Student Entrepreneur Festival 2017 akan menjadi inkubator untuk menyebarkan semangat entrepreneur ke semua kalangan di ITB. "Mungkin 'virus' kewirausahaan ini juga perlu disebarkan, tak hanya ke mahasiswa ITB tapi juga dosen-dosennya," pungkasnya di akhir sambutan, disertai tawa tamu undangan acara ITB Student Entrepreneur Festival 2017. (fv)