Fulca Veda

Bandung, ITB Career Center - Direktur ITB Career Center, Dr. Eng. Bambang Setia Budi menyampaikan ada peningkatan masa tunggu mendapatkan kerja dari alumni ITB Angkatan 2012 yang baru-baru ini di-trace oleh Divisi Riset ITB Career Center.

"Dari data hasil riset Tracer Study tahun 2019 kita bisa lihat ada peningkatan ya. Sekarang hanya butuh 2 bulan saja untuk mendapatkan pekerjaan pertama mereka," ungkapnya dalam Sosialiasi Hasil Tracer Study tahun 2019 di Hotel Jayakarta Bandung.

Bambang menilai tenggat waktu tunggu mendapatkan kerja ini bisa jadi yang paling cepat diantara perguruan tinggi lain di Indonesia.

"Di banyak perguruan tinggi waktu tunggu pencarian kerja kebanyakan masih memakan waktu 3 bulan bahkan lebih-setelah lulus. Tahun lalu kita juga masih 3 bulan (masa tunggunya, red). Sekarang lebih cepat sebulan, ini bisa jadi yang paling cepat dibanding perguruan tinggi lain," tuturnya.

Lebih jauh, Bambang menjelaskan bahwa proses mencari kerja memang akan memakan waktu. Bambang mengungkapkan kondisi ini wajar jika dibandingkan dengan di Jepang.

"Kita harus maklum ya, kondisinya di negara kita memang akan menyita beberapa bulan untuk mendapatkan kerja pertamanya. Berbeda dengan di Jepang, mereka cari kerjanya satu tahun sebelum lulus, jadi tenggat waktunya bisa dibilang zero (nol/tidak ada, red.)," jelasnya.