Fulca Veda

Bandung, ITB Career Center - Divisi Riset ITB Career Center telah membuka lowongan untuk posisi magang pada perhelatan Titian Karir Terpadu ITB tahun 2019 silam. Lalu, kapan pengumuman penerimaannnya?

Media ITB Career Center berkesempatan mewawancarai Angga Dinan, Peneliti Divisi Riset ITB Career Center untuk mengetahui lebih lanjut terkait kesempatan posisi magang di lembaga yang menaungi tracer study di ITB ini.

Pada kesempatan tersebut, Angga menegaskan bahwa posisi magang di divisinya dikhususkan untuk alumni ITB.

"Sebenernya agenda magang untuk tahun 2020 di kita (Divisi Riset ITB Career Center) kesempatannya dikhususkan untuk alumni ITB, kalau untuk perguruan tinggi luar saat ini kita close dulu," paparnya.

Alumni ITB yang dimaksudnya adalah mereka yang memiliki ketertarikan dengan analisis data.

"Posisi ini memang buat ajang latihan bagi mereka yang tertarik di bidang analisis data. Di prodi mungkin mereka (kandidat magang,red.) sudah biasa analisis data, tapi mungkin belum sampai ke pemanfaatannya, mengolah datanya, menulis laporannya, ya seperti riset dan penelitian pada umumnya," jelasnya.

Lebih jauh, Angga menjelaskan bahwa kontribusi dari rekan magang cukup besar dalam pengerjaan penelitian Tracer Study di ITB.

"Support dari magang cukup besar bagi penelitian tracer, ditambah disini penelitinya masih sedikit. Yang bekerja langsung untuk teknis penelitiannnya sendiri baru 3 orang," ungkapnya.

Angga menerangkan bahwa target magang sendiri adalah supaya peserta magang bisa membuat paper ilmiah yang mungkin kedepannya bisa bermanfaat bagi mereka. Disamping itu, dirinya turut merekomendasikan untuk magang di divisinya bisa diperpanjang hingga 6 bulan.

"Sebenernya kebijakan di kita untuk posisi magang itu 3 bulan, tapi itu jatuhnya sekedar pengenalan saja. Saya pribadi merekomendasikannya untuk magang bisa sampai 6 bulan, supaya lebih paham pengerjaan penelitiannya sampai akhir," tuturnya.

Diwawancarai lebih jauh terkait pengumuman dan jumlah yang akan direkrut, Angga mengatakan bahwa kebutuhannya akan fleksibel berdasarkan kebutuhan tim penelitinya.

"Kita penelitian paling cepat bulan Maret, jadi magang untuk bulan Januari-Februari belum tentu dibutuhkan. Kemungkinan pengumumannya bulan Maret juga. Setidaknya kita bakal rekrut 4-6 orang, tergantung kebutuhan kita nanti," pungkasnya.