Fulca Veda
 
Bandung, ITB Career Center - Tak hanya menganalisis penelusuran alumni se-ITB, Divisi Riset ITB Career Center turut membuat laporan Tracer Study untuk tingkat program studi (prodi).
 
Peneliti Divisi Riset ITB Career Center, Angga Dinan, S. Si, MT, menerangkan bahwa analisis per prodi dibuat untuk prodi yang sewaktu-waktu membutuhkan data-data Tracer Study.

"Analisis per prodi memang disiapkan kalau sewaktu-waktu prodi membutuhkan data-data penelusuran alumni untuk akreditasi," tuturnya.

Meski telah bertahun-tahun dilakukan analisis tracer study per prodi, ternyata masih banyak petinggi di ITB yang tidak mengetahui adanya laporan ini. Menurutnya, ketidaktahuan akan hal ini bisa jadi dikarenakan laporan tracer study ini tidak tersampaikan ke petinggi dan orang-orang di jurusan dan program studi di ITB.

"Kalau dibilang mereka baru tau ada atau ga info atau data terkait alumni, ya sebenarnya ga juga. Beberapa kemungkinannya, bisa jadi ada pemangku jabatan di prodi berubah secara struktural, bisa juga mungkin beberapa baru mengikuti laporan tracer study kita. Tapi, ada juga kemungkinan laporan/informasi ini tidak tersampaikan ke mereka saat kita sosialisasi. Bisa jadi publikasi kita memang belum baik ke prodi-prodinya," jelasnya.

Lebih jauh, Angga menyatakan bahwa sosialisasi Tracer Study yang sebelumnya telah dilakukan menjadi salah satu cara agar prodi mengetahui bahwa ITB mempunyai data terkait alumninya.


"Sosialisasi itu ya salah satu cara untuk memberitahukan prodi kalau kita punya data-data alumni mereka. Kita ga sekedar menyediakan data untuk kepentingan akreditasi kok, tapi kalau memang mereka butuh untuk perbaikan sistem pendidikan, ya kita pasti akan berikan juga data-datanya," pungkasnya.